Tak Kenal Maka tak Sayang

Yuni Petrus

Marriage Encounter atau yang sering disingkat ME adalah sebuah gerakan dari Gereja Katolik yang pelayanan utamanya adalah membantu pasangan suami istri untuk memperkuat relasi perkawinan mereka. Lebih jelasnya adalah sebuah program untuk berbagi teknik berkomunikasi berdasarkan kasih yang dapat mereka gunakan sampai akhir hayat. Mengikuti WEME adalah sebuah kesempatan untuk dapat melihat jauh ke dasar relasi antar suami-istri, dan juga relasi masing-masing dengan Tuhan serta merupakan saat untuk berbagi perasaan, harapan dan impian dari satu sama lain.

ME Distrik XIII Cirebon pada saat ini sudah berusia 42 tahun, dengan kordis Pasutri Sin Hok Ayu dan Romo Kristiono.  Pada awal berdirinya,  ME Cirebon hanya merupakan wilayah dari distrik VI Bandung dan sebagai korwil pada saat itu adalah Pasutri Ferry Yuli, yang diundang pertama kali pada Denas Sangkal Putung tahun 1999. Pada tahun 2004 sidang Denas di Makasar menetapkan Cirebon sebagai distrik XIII karena dipandang telah mampu menyelenggarakan WEME secara mandiri dan berkesinambungan dengan pasutri Kordisnya Suprijanto Melani.

Suprijanto Melani Kordis Distrik XIII Cirebon pertama

 

Diusia yang ke-42 ini, distrik XIII Cirebon sudah memiliki 46 angkatan. WEME angkatan 46 dilaksanakan sebelum pandemi covid 19 muncul, dan selama pandemi WEME tidak dapat diadakan.  Meski demikian bukan berarti ME distrik XIII Cirebon tidak memiliki kegiatan.

Salah satu kegiatan rutin ME distrik XIII Cirebon berupa kegiatan sosial membagi nasi kotak setiap bulan sekali di depan gereja Bunda Maria. Kegiatan ini bertujuan untuk membatu mereka yang berkekurangan. Sasarannya adalah tukang becak, pemulung, sopir angkot dan buruh lepas yang lewat didepan gereja. Disamping membantu mereka, kegiatan ini juga mengakrabkan anggota komunitas. Komunitas ME Cirebon juga aktif dalam tugas-tugas Gereja seperti tugas koor, tugas tata tertib dan juga tugas yang lain. Kelompok koor ME biasa mendapat tugas di Gereja Bunda Maria Cirebon dan juga Gereja St. Yusuf Cirebon.

Baca Juga:  Kunjungan Kasih

Tahun 2022 ini, Distrik XIII Cirebon mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah Denas yang rencananya akan dilaksanakan di bulan November 2022. Panitia sudah tersusun, dan seksi-seksi sudah mulai bekerja menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Komitmen panitia adalah dapat menyelenggarakan Denas dengan pelayanan maksimal sambil memperkenalkan kota dan budaya Cirebon pada peserta Denas.

Terkadang orang yang belum mengenal ME berkomentar bahwa ME itu singkatan dari Makan Enak. Hal ini dapat dipahami karena salah satu kegiatan kami adalah mengadakan dialog rutin  dalam kelompok kecil. Dalam kelompok dialog yang pesertanya 3 sampai 4 pasang suami istri biasanya disertai dengan makan-makan sederhana namun dalam suasana yang enak dan nyaman untuk menambah keakraban. Karena menyadari bahwa tantangan hidup sebagai pasangan bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan banyak rasa saling: saling menyadari, saling mengampuni, saling memahami, dan saling yang lain, maka dalam kelompok dialog ini, kami sebagai pasangan dapat berbagi pengalaman dan perasaan, dan ini bisa membantu kami untuk saling mengenal lebih dalam, saling menyayangi dan saling mendukung satu sama lain. (DS/MJ)

Start typing and press Enter to search