Dipanggil Dalam Sukacita Kasih

pasutri Budi Vivi (Distrik V Purwokerto)

oleh Pasutri Budi – Vivi (Distrik V Purwokerto)

 

Dalam rangka memperteguh nilai luhur perkawinan dan kesetiaan pasangan suami istri (pasutri), pada Senin 14 Februari 2022, Marriage Encounter Distrik V Purwokerto menyelenggarakan Misa Hari Perkawinan Dunia (HPS) 2022. Ekaristi dipimpin oleh Mgr Cristophorus Tri Harsono dengan selebran pastur Stefanus Budhi Prayitno PR, Valentinus Sumanto Winata, Pr, Bonifasius Abbas PR, dan Nico Ola OMI. Hadir 219 orang dari komunitas ME dan umat paroki.

Perarakan Pasutri

Perarakan Pasutri HPS 2022 D5

 

Ekaristi diawali dengan perarakan  para pasutri yang bergandengan tangan membawa kertas berlambang hati, bertuliskan tahun perkawinan masing-masing. Ini melambangkan cinta kasih yang merupakan kekuatan yang menyatukan pasutri dan melahirkan kemampuan untuk menjadi pemberi hidup dan inspirasi kepada orang lain untuk berbuah dan bersatu.

Homili

Dalam homilinya pastur Budhi menyampaikan, semua pasutri dipanggil dalam sukacita kasih. Ikatan perkawinan adalah sakramen. Ikatannya dilambangkan dengan cincin. Dari cincin kesetiaan sakramen perkawinanlah dihasilkan buah-buah yang melimpah bagi gereja. Para pasutrilah yang melahirkan para gembala-gembala gereja.

Pasutri-pasutri juga dipanggil untuk menjadi misionaris cinta. Mewartakan keluhuran sakramen perkawinan dalam keluarga, gereja dan dunia. Mengutip inspirasi Paus, pastur Budhi menyampaikan tiga kunci dalam perkawinan. Pertama, meminta tolonglah pada pasangan dengan rendah hati . Kedua, saling memberi perhatian dan mengucapkan terima kasih dengan tulus. Dan yang ketiga, mengampuni kalau ada kekurangan dan kesalahan.

Pembaharuan janji Perkawinan

Pembaharuan janji Perkawinan HPS 2022

 

Masih dalam rangkaian ekaristi HPS, diadakan upacara Pembaharuan Janji Pernikahan oleh para pasangan suami-istri yang hadir, dimulai dari para suami, kemudian dilanjutkan oleh para istri. Selanjutnya para pastur dan Uskup mendoakan dan meneguhkan. Demikianlah perayaan Ekaristi HPS ini terwujud bersama para pasutri yang dipanggil dalam sukacita kasih. WLY – WNY. (Budi-Vivi/ D5)  (WN/     )

Baca Juga:  Surat Cinta Pas. Ellen Robby

Start typing and press Enter to search