Parade Cinta ME Distrik IV Surabaya

Lautan manusia berkaos biru memadati halaman parkir Universitas Widya Mandala Surabaya Kampus Pakuwon. Jam belum menunjuk pukul 06.00 pagi, namun kerumunan peserta Jalan Sehat Nusantara sudah bersiap untuk memulai kegiatan yang dilangsungkan 5 tahun sekali. Ya … acara yang dikemas dengan nama Jalan Sehat Nusantara (JSN) ini menjadi salah satu acara Lustrum IX ME Indonesia. Acara lima tahunan ini begitu dinanti-nantikan oleh para pasutri dan keluarganya serta masyarakat pada umumnya. Sebanyak 2000 lembar tiket terjual habis jauh sebelum hari H dan bahkan beberapa pemburu tiket terpaksa masuk ke waiting list untuk bisa berpartisipasi di acara ini.
Hari Minggu tanggal 23 Juli 2023 menjadi hari yang bersejarah bagi para peserta. Bertemu dengan sesama pasutri anggota ME dari berbagai paroki menjadi mood booster dan tambahan energi tersendiri bagi mereka sebelum kegiatan dimulai, lebih-lebih saat peserta diminta untuk melakukan pemanasan dengan senam bersama. Tim dari Entrasol (sebagai sponsor utama kegiatan JSN ini) memandu sesi senam dengan menghadirkan instruktur yang energik. Para pasutri ME dan keluarganya, tamu undangan, sponsor dan masyarakat umum menikmati saat pemanasan ini dengan begitu antusias. Semua gerakan diikuti dengan seragam. Dari kejauhan, peserta nampak seperti ombak yang menari di lautan. Indah dan menyenangkan saat memandangnya. Senam pembuka ini berlangsung selama 15 menit dan jam 06.00 lebih sedikit senam berakhir.
Peserta kemudian berduyun-duyun pindah lokasi untuk mengikuti jalan sehat. Sebuah balloon gate menjadi penanda awal jalan sehat dan sebuah pita sudah siap digunting. Dengan 2 pilihan rute (3 km dan 5 km), peserta JSN dilepas oleh Romo Vikjen Romo Eko (sekarang menjabat sebagai Administrator Diosesan) dengan didampingi oleh Romo AP Dwi Joko selaku Romo Pendamping ME Distrik IV dan Pasutri Maria-Tjetjep selaku Kordis IV beserta Pasutri Fince-Peter sebagai Ketua Panitia JSN 2023. Tema JSN 2023 adalah “Berjalan Bersama Yesus.” Tema ini menyesuaikan dengan arah dasar Keuskupan Surabaya yang menjadikan tahun 2023 sebagai Tahun Keluarga. Tema “Berjalan bersama Yesus” diwujudkan dalam kegiatan berjalan bersama di kompleks Pakuwon City hari ini.
Cuaca cerah dan suhu udara yang bersahabat disertai sinar matahari yang mulai merangkak naik mendampingi para peserta dalam menempuh rute yang ada. Keguyuban dan keakraban nampak jelas bukan hanya di antara peserta yang berasal dari Paroki yang sama melainkan juga diantara mereka yang berasal dari berbagai parokidi Keuskupan Surabaya. Sungguh suatu pemandangan yang menyejukkan hati mengingat selama hampir 3 tahun nyaris tidak ada kegiatan akbar dikarenakan pandemi covid 19. Perbedaan golongan usia peserta nampak tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk bergembira dan menjalin persahabatan di sepanjang perjalanan.
Kira-kira pukul 07.00 WIB, para peserta sudah mulai kembali ke lokasi utama. Deretan tenda yang menyediakan aneka makanan dan minuman diserbu peserta. Aneka jajanan, baik berat maupun ringan, sudah siap menyambut mereka yang datang berkunjung. ME Store menyediakan aneka pilihan minuman yang dibandrol dengan harga normal. Nampak antrian lumayan panjang di depan stand ME Store mengingat stand minuman disediakan di sini. Sambil menikmati aneka jajanan, acara musik, talk show kesehatan, pembagian door prize dan pengundian kupon memberikan kegembiraan dan kejutan menyenangkan bagi para peserta, terlebih mereka yang namanya dipanggil oleh MC untuk naik ke panggung dan menerima hadiah. Sorakan gembira terdengar di sana-sini.
Saat pengundian hadiah utama dimulai, hampir semua peserta mendekat ke panggung utama. Sebuah sepeda motor persembahan dari donatur dihadiahkan kepada seorang peserta beruntung yang berasal dari Paroki Maria Annunciata Sidoarjo. Semua yang menyaksikan pemberian hadiah secara simbolis turut bergembira dan bersorak-sorai. Acara JSN berakhir dengan lancar, sukses, manis dan tidak ada suatu halangan apa pun yang mengganggu kelancaran program siang ini. Viva JSN 2023! Sampai Jumpa di Lustrum berikutnya!

Baca Juga:  PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA MENULIS ARTIKEL JALAN SEHAT NUSANTARA 2023

Surabaya, 17 Agustus 2023
Ari – Mateus

Paroki Santo Marinus Yohanes, Surabaya

Start typing and press Enter to search